Summer Movie - May

Summer Movie - May

Saturday 26 March 2011

[Culture] Upacara Minum Teh


Sebenarnya sudah lama ingin memposting kebudayaan suatu negara, hanya sekedar penambah ilmu pengetahuan saja. Jepang merupakan negara kecil akan tetapi tercatat sebagai 'pengekspor' kebudayaan selain Amerika Serikat, Cina dan diikuti oleh Korea. Sudah banyak yang kita ketahui mengenai Jepang, dari anime atau manga yang sudah terkenal dan memiliki ciri khas tersendiri, Jpop atau istilah yang sering kita dengar untuk mewakili musik Jepang, dan masih banyak lagi. Dan untuk postingan kali ini, saya ingin mengulas sedikit kebudayaan Jepang yaitu upacara minum teh.

Upacara minum teh (茶道 sadō, chadō?, jalan teh) adalah ritual tradisional Jepang dalam menyajikan teh untuk tamu. Pada zaman dulu disebut chatō (茶の湯?) atau cha no yu. Upacara minum teh yang diadakan di luar ruangan disebut nodate.
Chashitsu (ruangan upacara minum teh)
Upacara minum teh sendiri dianggap seni oleh orang mendalaminya. Teh disiapakan oleh orang yang mendalami seni minum teh dan disajikan oeh para tamu disebuah ruangan yang disebut chashitsu. Di ruangan ini, pemilik ruang sebisa mungkin memberikan kesan yang baik kepada tamu dengan memberi bunga, lukisan, dan mangkuk keramik yang sengaja disesuai dengan tingkatan dan status tamu tersebut.
Seni upacara teh ini sendiri memiliki arti yang sangat luas, mencerminkan kepribadian dan pengetahuan tuan rumah yang mencakup tujuan hidup, cara berfikir, apresiasi peralatan upacara minum teh dan cara meletakkan benda seni di dalam ruangan upacara minum teh dan berbagai pengetahuan seni secara umum yang bergantung pada aliran upacara minum teh yang dianut.
Bahkan tamu yang diundangpun harus mampu mempelajari cara tata krama, kebiasaan, basa-basi, etiket untuk menikmati meminum teh dan memakan hidangan yang telah disediakan oleh pihak tuan rumah.

Pada umumnya, upacara minum teh menggunakan teh bubuk matcha yang dibuat dari teh hijau yang digiling halus. Upacara minum teh menggunakan matcha disebut matchadō, sedangkan bila menggunakan teh hijau jenis sencha disebut senchadō.


Note :
Hampir diseluruh dunia mengenal minuman teh itu sendiri, hanya saja mungkin cara menikmati disetiap negara berbeda-beda. Misal di negara Ingris ada tradisi ngeteh disore hari. Dan di Indonesia sendiri yang bisa dipastikan teh sudah bagian dari kehidupan setiap orang. Para pembaca pasti tahu apa itu teh tubruk bukan? dan bagi saya teh tubruk lebih nikmat dari pada teh celup. Akan tetapi untuk di negara kita saya rasa tidak ada uparaca-upacara teh seperti di Jepang. Bagaimana di daerah anda sekalian? adakah cara khusus?.


0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms