Summer Movie - May

Summer Movie - May

Saturday 18 December 2010

Dorama Nodame Cantabile

Nodame Cantabile Dorama
CAST :
Ueno Juri (Noda Megumi)Tamaki Hiroshi (Chiaki Shinichi)Eita (Mine Ryuutarou)Koide Keisuke (Okuyama Masumi)Takenaka Naoto (Franz Stresemann)Toyohara Kousuke (Etou Kozou)Nishimura Masahiko (Tanioka Hajime)Mizukawa Asami (Miki Kiyora)Uehara Misa (Tagaya Saiko)Saeko (Sakura Saku)
Story 
Chiaki Shinichi, seorang pianis muda berbakat murid universitas musik Momogaoka. Ia dijuluki pangeran karena kepandaian dan ketampanannya, tapi yang bersangkutan sama sekali tidak perduli. Chiaki sedang sebal mendengar berita salah satu murid jurusan pengarah musik dan ansambel akan dikirim ke luar negeri. Sebenarnya dengan kemampuannya Chiaki bisa ke luar negeri, secara finansial ia juga mampu membiayainya. Masalahnya adalah Chiaki tidak bisa naik pesawat karena trauma masa kecil. Chiaki yang bercita – cita jadi konduktor ini ingin bertemu kembali dengan Sebastiano Viera yang dikenalnya waktu kecil. Viera sendiri berjanji menunggu Chiaki kembali karena sudah menganggapnya sebagai murid. Chiaki yang stress berbuat kesalahan dalam pelajaran piano Etou Kozou, sehingga dosen tersebut marah. Ketika melihat kompilasi partitur Chiaki, Etou - sensei langsung mencela Chiaki, yang langsung dibalas Chiaki mengata – ngatai dosen tersebut. Gara – gara peristiwa ini Chiaki didepak dari kelas Etou - sensei dan dimasukkan ke kelas anak buangan bimbingan Tanioka Hajime. Pada malam sebelumnya, Chiaki yang habis mabuk – mabukan ditampung di apartemen milik tetangganya, yaitu Noda Megumi alias Nodame. Apa yang dialami Chiaki di apartemen  Nodame membuatnya trauma, maka ia kaget melihat gadis itu ternyata murid Tanioka – sensei juga.
Masuk ke kelas pecundang, mantan pacar yang mencampakkannya berpacaran dengan orang lain, membuat Chiaki termenung memikirkan nasibnya di teras apartemen. Sedang asyik melamun, ia mencium bau aneh dari apartemen sebelahnya, tepatnya tempat Nodame. Chiaki nekad masuk ke apartemen gadis itu, kaget melihat betapa berantakannya apartemen Nodame. Chiaki yang clean – freak langsung memberereskan apartemen yang tidak kalahnya joroknya dengan tempat sampah itu. Setelah Chiaki selesai bersih – bersih, Nodame memainkan lagu ciptaannya yang menyadarkan Chiaki bahwa gadis jorok tersebut sebenarnya punya bakat besar. Sayang kelemahan Nodame adalah tidak bisa membaca not balok, selama ini ia mengandalkan pendengaran untuk memainkan lagu. Ketika mereka berdua berhasil memainkan  Piano Sonata in D+ for Two K.448 (tentunya setelah latihan bersama mati – matian), Chiaki akhirnya paham hanya orang selevel dirinya yang bisa menyelaraskan diri dengan permainan Nodame.
Kesempatan Chiaki menjadi konduktor terbuka lebar ketika ada berita konduktor tenar Franz von Stresemann akan mengajar di kampus mereka. Harapan Chiaki pupus begitu melihat Stresemann ternyata kakek – kakek aneh yang malam sebelumnya datang ke apartemen Chiaki bersama Nodame dan menggoda gadis itu. Chiaki yang begitu ingin menjadi konduktor melayangkan surat permohonan pindah jurusan, namun ditolak Stresemann dengan alasan Chiaki adalah murid Viera yang dibencinya. Stresemann sendiri membuat kejutan dengan meminta dibentuk satu orkestra yang beranggotakan  murid – murid pilihannya, padahal ia sudah dipersiapkan untuk membimbing A Orchestra. Orang – orang  pilihan Stresemann adalah murid – murid dengan kemampuan meragukan, sehingga para guru khawatir apa jadinya orkestra ini. Berkali – kali ditolak pindah jurusan, Chiaki memutuskan pindah kampus. Nodame yang khawatir memohon pada Stresemann supaya mau menerima Chiaki. Stresemann mau menerima Chiaki asalkan Nodame bersedia menciumnya. Adegan berikutnya adalah Stresemann terbaring pingsan di kantor, sehingga Chiaki yang memimpin latihan pertama orkestra buatan Stresemann tersebut.
Jalan menuju konduktor sekarang terbuka bagi Chiaki. Bisakah ia memanfaatkan tersebut, sementara ia sendiri ditakuti di antara anggota – anggota orkestranya. Lalu bagaimana Nodame yang bercita – cita ingin bermain bersama Chiaki di panggung yang sama, padahal Stresemann memperingatkan Nodame kecil kemungkinan harapan itu terwujud kalau Nodame tidak berubah….
Behind the scene
Drama Nodame Cantabile diangkat dari manga berjudul sama terbitan Kodansha karya Ninomiya Tomoko. Drama sepanjang 11 episode ini diudarakan oleh Fuji TV setiap Senin jam 9 malam mulai 16 Oktober dan berakhir tanggal 25 Desember 2006. Setiap episode dibuka dengan Symphony No. 7 in A major karya Beethoven dan ditutup oleh Rhapsody in Blue karya George Gershwin, yang diaransemen oleh Hattori Takayuki yang diserahi tugas mengurus musik untuk drama ini. Disutradarai oleh Takeuchi Hideki(Densha Otoko, Dekichatta Kekkon, Kami – sama Mou Sukoshi Dake) dan Kawamura Yasuhiro, naskah ditulis oleh  Etou Rin (Slow Dance, Tokyo Friends). Drama ini mempunyai grup orkestra khusus bernama Nodame Orchestra yang dipilih dari seleksi ketat, grup orkestra ini juga dilibatkan dalam Nodame anime.
Drama Nodame memperoleh sambutan luas dari berbagai pihak, termasuk penggemar musik klasik yang senang karena seri ini memperkenalkan musik klasik pada kalangan awam, tidak heran Nodame disponsori oleh Yamaha, bahkan majalah musik klasik mengeluarkan edisi khusus Nodame Cantabile. Drama ini memperoleh 5 penghargaan dari 51st Television Drama Academy Awardsuntuk kategori  Best DramaBest ActressBest DirectorBest Musical Arrangement, dan Best Opening. Sudah dirilis 6 cd yang berkaitan dengan drama ini, yaitu Nodame Cantabile OST, Nodame Cantabile Best 100, Nodame Orchestra Live,  Nodame Cantabile Character Selection – Milch to Nakamatachi,  Nodame Cantabile Character Selection – Nodame, dan Nodame Cantabile Character Selection – Chiaki.
Cukup banyak perbedaan dengan versi manga, tapi tidak mengganggu jalan cerita secara keseluruhan. Drama berakhir sampai manga volume 9, yaitu ketika Chiaki mengadakan konser terakhir dengan Rising Star Orchestra.
Artikel ini pernah dimuat di majalah Animonster.





0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms